Rahasia Madu dari Zaman Cleopatra sampai Zaman Modern

24 02 2012

Tentang Madu di dalam Al-Qur’an
Madu adalah salah satu keajaban Tuhan yang diciptakan bagi kebaikan manusia. Inilah sifat Maha Pengasihnya Allah SWT yang diturunkan bagi manusia. Namun, kebanyakan dari kita lupa atau tidak pernah memikirkannya sama sekali.
Madu adalah cairan kuning manis dan memiliki banyak manfaat yang dapat kita petik dari sarang lebah. Mungkin memang Allah menciptakan madu khusus buat manusia, sehingga banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi madu, baik itu untuk pencegahan penyakit ataupun untuk megobati penyakit, apalagi di zaman modern seperti sekarang. Namun, kebanyakan dari kita tidak menyadarinya, padahal Allah telah menceritakan manfat madu di dalam Al-qur’an bahwa madu adalah obat. ”… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS An Nahl:69). Ini berarti, Allah telah mengetahui bahwa manusia memiliki sifat merusak, termasuk merusak diri sendiri dengan penyakit akibat pola hidup yang ga beraturan. Selain tu, coba kita pikirkan kenapa lebah tidak pernah menyerang manusia ketika madu dari sarangnya diambil. Kecuali kita mengganggu atau menyerang sarangnya, barulah para pasukan lebah mengerahkan kekuatannya untuk menyerang balik. Ini adalah juga rahmat Allah agar kita dapat mengambil manfaat madu dengan mudah.
Tentang Madu dari Zaman Cleopatra sampai Zaman Modern
Berbicara tentang manfaat madu, tahukah anda bahwa sang ratu cantik Cleopatra menggunakan manfaat madu untuk merawat kecantikannya (boleh dicoba nih!). Tahukah anda madu yang ditemukan ribuan tahun lamanya dari kerajaan mesir dapat bertahan tanpa ada expire date dan masih layak konsumsi. Tahukah anda bahwa di zaman Kerajaan Mesir madu digunakan sebagai pengawet mayat…
Sekarang kita masuk ke zaman modern….Di zaman serba canggih ini penyakit juga menjadi ikut canggih. Dari yang namanya AIDS, lever, hipertensi, batuk berdahak, leukemia, anemia, jantung, flu burung, dll. Dari mana sih datangnya para penyakit itu? Macam-macam…, makanan, polusi, gaya hidup, de el el deh pokoknya. Zaman dulu kala makanan masih murni dari alam, tak ada yang namanya fast food yang dicampur macam-macam zat kimia. Zaman dulu, udara masih bersih, ga ada yang namanya polusi udara. Makin modern, makin banyak produk high tech, makin banyak juga polusi udara, (ditambah ladi polusi pikiran).
Manfaat Madu Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Oke, sekarang kita berbicara manfaat madu bagi kesehatan.
1. Bagi Kesehatan:
Menjaga kesehatan mata, menstabilkan darah, memperkuat sel darah putih, obat bagi kulit yang terluka termasuk pencegahan infeksi akibat luka, memberi kesuburan bagi pasutri, memberi tenaga karena tinggi carbohidrat, pengobatan bagi penderita anemia, obat bagi penderita gangguan jantung, obat sembelit, mencegah osteoporosis, mengatasi alergi termasuk penyakit gangguan pernafasan, mengobati radanag tenggorokan, memperkuat Rahim, memperkuat janin, mencerdaskan otak anak, mengobati penyakit mulut dan gigi, memutihkan dan menguatkan gigi, dan lain sebagainya.
2. Bagi kecantikan:
Mengencangkan wajah (Sebagai masker), melembutkan bibir, menghilangkan bekas jerawat dengan dioleskan, sebagai kondisioner, mengangkat sel kulit mati, dll
Ini Madu Murni atau Palsu?
Sebelumnya, cobalah untuk mengenal sifat madu murni. Berdasarkan penelitian ilmiah, kadar kandungan air dalam madu murni tidak lebih dari 18%. Ini berarti, makin sedikit kandungan air, makin murni madu itu. Dengan kandungan air yang sedikit ini membuat madu menjadi kental. Anda bisa uji coba dengan menaruh madu pada sendok makan dan jatukan dari ketinggian 30 cm, madu asli akan jatuh tanpa putus-putus karena kekentalannya. Semut memiliki sifat menyukai zat yang memlliki rasa manis atau gula. Termasuk madu, memiliki glukosa, sukrosa dan fruktosa, mereka adalah sejenis gula alami yang dihasilkan dari makanan temasuk madu. Jadi, karena sifat semut penyuka gula, maka madu asli pun tetap saja dikerubung semut. Bahkan, sarang lebah yang dihuni ratu dan prajurit lebah pun tetap saja didatangi semut. Kembali pada kekentalan madu, madu asli tidak dapat bercampur dengan air, ibarat minyak dengan air. Kecuali anda mengoceknya dengan sendok. Ketika anda menumpahkan madu asli pada segelas air, mereka akan terpisah dengan sendirinya madu di dasar gelas dan air di atas sehingga air tidak menjadi keruh. Sebaliknya, madu palsu akan membaur dengan air dan membuat air di dalam gelas menajadi keruh, ini karena madu palsu terdiri dari madu dan cairan tambahan lainnya sehingga menjadi encer. Terakhir, tentang mitos madu asli mengandung gas sehingga ketika membuka botol madu, tutupnya loncat. Sebenarnya, saya agak ragu soal yang satu ini. Coba anda lakukan percobaan membuat jus buah lalu anda biarkan lebih dari sehari di suhu ruangan. Anda akan melihat bahwa jus buah anda terfermentasi yang juga menghasilkan gas. Prinsipnya, madu palsu alias madu yang telah dicampur air memiliki cara kerja yang sama seperti jus buah yang telah terfermentasi. Jadi, bila madu anda bergas dan sehingga tutup botolnya loncat, anda harus curiga bahwa madu anda telah terfermentasi karena telah dicampur air..

dari derbagai sumber


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: