Ternyata tukang es lilin pintar kimia (mengapa ya?)

3 11 2011

Ternyata Tukang Es Lilin Ahli Kimia (mengapa ya?)

Sebagai pemanasan,baca dulu secuil liriknya:

Es lilin mah didorong-dorong
dibantun mah dibantun ka Sukajadi
abdi isin ceuceu samar kaduga
sok sieun mah aduuh henteu ngajadi

Es lilin mah ceuceu buatan Bandung
dicandakna geuningan ka Cipaganti
abdi isin jungjunan duh bararingung
sok inggis mah aduuh henteu ngajadi

Itu saha dunungan nu nungtun munding
digantelan geuning ku saputangan
itu saha dunungan ku ginding teuing
sing horeng mah aduh geuning jungjunan, dst…

Tahu tidak kalau tukang es lilin pintar kimia? Mau tahu kenapa? Karena mereka dapat membuat es lilin membeku walau tanpa membawa freezer kemana-mana. Ada yang pernah lihat tukang es lilin bawa kulkas atau freezer? Pasti belum ada yang lihat…nah begini ceritanya ( Bismillah dulu🙂 )
Untuk menjelaskan teori kenapa dan mengapa es lilin dapat membeku walau tanpa disimpan dalam freezer, cobalah dulu eksperimen sebagai berikut ini:
Cobalah anda menempatkan es batu yang dicampur garam dapur dalam suatu wadah besar. Masukkan pula sebuah wadah berbentuk seperti tabung (yang sudah diisi dengan air) dalam wadah besar tadi (tanpa memindahkan campuran es dan garam dalam wadah besar).lalu aduk-aduk kedua campuran es dan garam tadi dengan menggunakan stik. setelah itu, masukkan stik yang anda gunakan untuk mengaduk es batu dan garam, ke dalam wadah tabung tersebut di atas. gerakkan stik tersebut dengan arah ke atas ke bawah. Perhatikan apa yang terjadi! air nya berubah menjadi beku bukan?
Siapa yang masih ingat pelajaran di SMU tentang titik beku???(ayo angkat tangan yang tinggi) Siapa yang masih ingat di titik berapa cairan dapat membeku? 0 derajat celcius.Jadi, air membeku pada suhu 0 derajat. Tapi, mengapa es lilin dapat menjadi beku pada suhu di bawah 0 derajat celcius? Jawabannya terletak pada penurunan suhu. Artinya, titik beku es llin diturunkan. lalu apa yang dapt menurunkan titik bekunya? garam (pintarrr). Jadi, ketika air ditambahkan garam, maka ia akan membeku pada suhu yang lebih rendah. 10% larutan garam dapat membekukan air hingga -6 derajat celcius.
Kembali pada eksperimen di atas, maka dapat disimpulkan, garam yang dilarutkan dalam air di tabung maupun baskom adalah materi yang telah menurunkan titik beku pada air sehingga membeku. Jadi, prinsip inilah yang digunakan para tukang es lilin, yaitu menggunakan garam sebagai media untuk membekukan cairan menjadi es. wah-wah ternyata tukang es lilin seorang yang ahli kimia ya.heu..heu…

Dari Berbagai Sumber


Aksi

Information

4 responses

6 04 2012
ridwan

tolong kasih tau ya perbandingan bahan-bahannya ! thanks

20 05 2012
ada

saya bingung memahami artikel itu. menurut saya air membeku pada 0 derajat atau dibawah 0 derajat, sudah pasti membeku. Nalarnya mestinya garam dapat menaikkan titik beku air, sehingga air dapat membeku pada suhu di atas 0 derajat. kalau di bawah 0 derajat, mestinya tanpa garam pun air juga membeku. mungkin pemahaman saya keliru. Tapi, saya kira artikel itu ada yang keliru.

3 06 2012
iriansar

artikel yang saya buat mengenai penurunan titik beku dalam hal pembuatan es lilin, dalam ilmu kimia berkaitan dengan teori koligatif larutan. nah, dalam ilmu atau teori koligatif larutan, tak ada istilahnya kenaikan titik beku. kenapa begitu? karena pada kenyataannya (dalam lingkup teori koligatif larutan) tidak pernah ditemukan kenaikan titik beku. adapun kenaikan nilai angka pada titik beku, dalam kasus ini, titik beku 0 derajat celcius menjadi diatas 0 derajat celcius, alias adonan es lilin membeku pada suhu ruangan, tidak dikatakan sebagai “kenaikan titik beku” tetapi “penurunan titik beku”. mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dapat dimengerti dan bermanfaat bagi agan dan none sekalian.

5 06 2012
iriansar

Sebagai tambahan saja, temperatur semakin negatif TIDAK DAPAT SELALU DIKATAKAN semakin turun begitupun sebaliknya.. TERGANTUNG dari sisi mana melihatnya…. supaya lebih mudah dipahami saya analogikan Titik Beku = UTANG , Titik Didih = Untung, Jika semakin minus/negatif keuangan kita maka diibaratkan Utang Kita semakin naik begitupun sebaliknya jika semakin kearah positif maka utang kita semakin turun…. Kindest…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: